Sumber
Selamat Siang Bapak Boris Tampubolon, lawan saya mengajukan kasasi terhadap saya. Tapi dalam surat kuasanya tidak tercantum frasa bahwa kuasa hukumnya diberikan kuasa untuk mengajukan permohoanan kasasi ataupun mengajukan memori kasasi. Pertanyaan saya apakah hal permohonan kasasinya bisa diterima?
Jawaban:
Intisari:
Karena surat kuasa tidak menyebutkan “untuk mengajukan permohonan kasasi” maupun “mengajukan memori kasasi”, maka Permohonan kasasi itu tidak dapat diterima.
Prinsipnya, surat kuasa itu harus dibuat khusus. Artinya harus dinyatakan secara jelas dan spesifik diberi kuasa oleh siapa dan untuk apa.

BACA JUGA: SURAT KUASA SETIDAKNYA HARUS MEMUAT HAL INI

Jadi, bila konteksnya adalah untuk mengajukan kasasi maka surat kuasa tersebut harus menyebutkan secara jelas untuk “mengajukan kasasi”. Tidak bisa surat kuasa yang tidak menyebutkan untuk mengajukan kasasi tapi digunakan untuk mengajukan kasasi.
Bila surat kuasa yang tidak menyebutkan untuk “mengajukan kasasi” tapi digunakan untuk mengajukan kasasi maka permohonan kasasi yang diajukan akan dinyatakan tidak dapat diterima.
Hal ini sebagaiman ditegaskan dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung No. 266K/SIP/1972 yang kaidah hukumnya menyatakan:
“jika memori kasasi diajukan oleh seorang kuasa sedangkan dalam surat kuasa tidak disebutkan bahwa ia diberi kuasa untuk mengajukan permohonan kasasi maupun mengajukan memori kasasi, maka permohonan kasasi itu harus dinyatakan tidak dapat diterima
Berdasarkan uraian di atas, maka bisa disimpulkan karena surat kuasa tidak menyebutkan untuk mengajukan permohonan kasasi maupun mengajukan memori kasasi, maka permohonan kasasi itu tidak dapat diterima.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe & Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)

 

Permohonan Kasasi Tidak Dapat Diterima Karena Surat Kuasa Tidak Jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tell us your case, Now!
Konsultasi lebih lanjut atau memerlukan Pendampingan Hukum? Chat Sekarang..