Sumber
Selamat malam Bapak Advokat dan Konsultan Hukum Boris Tampubolon, saya ingin bertanya. Kedua orang tua saya sudah meninggal dunia dan meninggalkan harta warisan berupa tanah. Tanah tersebut masih atas nama orang tua saya. Saya anak satu-satunya dan ingin membalik namakan sertifikat tersebut atas nama saya. bagaimanakah langkahnya, mohon bantuannya. Terimakasih -Frisca, Samarinda-
Jawaban:
Secara umum langkah yang bisa anda lakukan adalah:
1.    Mengurus surat kematian orang tua Anda;
2.    Membuat surat keterangan waris;
3.    Menyerahkan dokumen-dokumen terkait ke Kantor Pertanahan.
Khusus pengurusan sertifikat tanah warisan ini secara lengkap bisa dibaca dalam Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah, khususnya pada Paragraf 3 tentang “Peralihan Hak Karena Pewarisan”.
Namun untuk memudahkan Anda, di sini saya akan jelaskan langkah-langkah secara umum untuk memudahkan Anda mengurus sertifikat tanah warisan sebagai berikut:
I. Mengurus Surat Kematian orang tua Anda;
Surat kematian orang tua anda ini harus diurus untuk membuktikan bahwa benar orang tua Anda sudah meninggal dunia;

 

II. Membuat Surat Keterangan waris;
Setelah itu, Anda perlu membuat surat keterangan waris. Surat keterangan waris untuk membuktikan bahwa benar anda adalah anak (ahli waris) dari orang tua Anda yang sudah meninggal. Bagi warga negara Indonesia (“WNI”) surat keterangan waris dibuat oleh Lurah yang dikuatkan oleh Camat. Bagi WNI keturunan akta waris dibuat di Notaris.

 

III. Menyerahkan dokumen-dokumen terkait ke Kantor Pertanahan.
Kumpulkan dokumen-dokumen terkait (selain dokumen pada angka I dan II) misalnya sertifikat tanah yang masih atas nama orang tua, dan sebagainya, lalu serahkan kepada kantor pertanahan untuk diurus balik namanya.
Setelah ke 3 langkah di atas sudah anda lakukan, maka selanjutnya kantor pertanahan akan melakukan pengecekan baik pengecekan dokumen-dokumen maupun fisik tanah orang tua anda (data fisik dan data yuridis) tersebut. Selanjutnya bila data fisik dan data yuridis sudah lengkap, lalu akan diterbitkan sertifikat (balik nama) atas nama Anda.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di  Dalimunthe&Tampubolon Lawyers (silahkan diklik) 
Pengacara Pertanahan: 3 Langkah Mengurus Sertifikat Tanah Warisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat