Sumber foto
Bisakah gugatan yang sudah didaftarkan dan disidangkan dipengadilan dicabut atau dirubah? Dan sampai kapan batas waktunya?
Jawaban:
Intisari:
Gugatan yang sudah didaftarkan dan disidangkan di pengadilan dapat dicabut atau dirubah sebelum tergugat menyampaikan jawabannya.
Baik HIR maupun R.bg. memang tidak mengatur soal perubahan dan pencabutan gugatan. Namun ketentuan terkait perubahan gugatan bisa merujuk (sebab dirasakan perlu dan brguna bagi praktek pengadilan) pada Pasal 127 Rv dan Pasal 271 dan 272 Rv (Reglement of de Rechtsvordering) yang menyatakan:
Pasal 127 Reglement of de Rechtsvordering (Rv):
“Penggugat berhak untuk mengubah atau mengurangi tuntutannya sampai saat perkara diputus, tanpa boleh mengubah atau menambah pokok gugatannya.”
Pasal 271 Rv:
Penggugat dapat melepaskan instansi (mencabut perkaranya) asal hal itu dilakukan sebelum diberikan jawaban. Setelah ada jawaban, maka pencabutan instansi hanya dapat terjadi dengan Persetujuan pihak lawan.
Pasal 272 Rv:
Pencabutan perkara (gugatan) dapat dilakukan di dalam sidang pengadilan jika semua pihak-hadir secara pribadi atau pengacara-pengacara mereka yang mendapat surat kuasa untuk itu, atau dengan kuasa yang sama diberitahukan dengan akta sederhana oleh pengacara pihak satu kepada pengacara pihak lawan. 
Meski demikian dalam praktek peradilan, gugatan dapat dirubah oleh penguggat sebelum tergugat memberikan jawaban. Hal ini dianggap adil sebab tidak akan mengurangi hak teruggat untuk mempersiapkan pembelaan/jawabannya.
Begitu juga dengan pencabutan gugatan yang di dalam prakteknya juga didukung praktik peradilan. Antara lain dapat dikemukakan dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 1841 K/Pdt/1984 yang menegaskan:
  1. Selama proses pemeriksaan perkara di persidangan belum berlangsung, penggugat berhak mencabut gugatan tanpa persetujuan tergugat,
  2. Setelah proses pemeriksaan berlangsung, pencabutan masih boleh dilakukan, dengan syarat harus ada persetujuan pihak tergugat.
Berdasarkan uraian di atas, maka disimpulkan Gugatan yang sudah didaftarkan dan disidangkan di pengadilan dapat dicabut atau dirubah sebelum tergugat menyampaikan jawabannya.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe & Tampubolon Lawyers (silahkan diklik).
Sekian semoga bermanfaat.
Pengacara/Advokat Wajib Tahu: Batas Waktu Untuk Mencabut dan Mengubah Gugatan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *