Sumber
Selamat Sore Bapak Boris Tampublon, sebagai pengacara dan konsultan hukum maritime dan shipping, saya ingin bertanya. Kapal Saya (Kapal A) mengalami tubrukan dengan kapal lain (kapal B) di laut. Posisi kedua kapal berhadapan. Saat berhadapan, kapal saya (A) membuang haluan ke kanan, sementara kapal (B) membuang haluan ke kiri, sehingga kapal saya menabrak sisi kanan kapal B. Pertanyaannya dalam kondisi demikian, siapa yang salah?
Jawaban:
Intisari:
Yang salah adalah kapal B. Sebab dia buang haluan ke kiri. Seharusnya bila ada dua kapal saling berpapasan, maka kedua kapal harus masing-masing membuang haluan ke kanan.
Hal ini diatur dalam Aturan (Rule) 14 Keputusan Presiden No. 50 Tahun 1979 tentang Mengesahkan “Convention On The International Regulations For Preventing Collisions At Sea, 1972 menyatakan:
  1. “Bilamana dua buah kapal tenaga yang sedang bertemu dengan haluan berhadapan atau hampir berhadapan, sehingga mengakibatkan bahaya tubrukan, masing-masing kapal harus merubah haluannya ke kanan, sehingga saling berpapasan pada lambung kirinya.
  2. Situasi demikian itu dianggap ada, bilamana sebuah kapal melihat kapal lain tepat atau hampir tepat di depannya, dan pada malam hari ia dapat melihat penerangan tiang kapal lain segaris atau hampir segaris dan/atau kedua penerangan lambung dan pada siang hari dengan memperlihatkan penyesuaian sudut pandangan dari kapal lain.
  3. Bilamana sebuah kapal ragu-ragu, apakah situasi demikian itu ada, ia harus menganggap demikian halnya dan bertindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.”
 
Jadi berdasarkan uraian di atas, jelas bahwa bila ada dua kapal yang saling berhadapan, maka masing-masing kapal harus membuang haluan ke kanan. Tidak boleh ke kiri. Tindakan kapal B yang membuang haluan ke kiri, sudah menyalahi aturan yang disebut di atas. Sehingga yang salah adalah kapal B. tindakan kapal A yang membuang haluan ke kanan sudah benar.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan terkait persoalan ini dan/atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe & Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)

 

Konsultan Hukum Maritime: Kapal Berhadapan Buang Kiri Sehingga Tubrukan, Siapa Yang Salah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tell us your case, Now!
Konsultasi atau memerlukan Pendampingan Hukum? Chat Sekarang..