Sumber foto
Sedang ramai diberitahan, Ardi Bakrie kabur dari Panti Rehab. Namun kabar itu sudah diklarifikasi oleh pihak Ardie Bakri bahwa informasi itu tidak benar.
Terlepas dari itu, menarik untuk dibahas seandainya bila ada tersangka narkotika atau pasien rehabilitasi narkoba yang benar-benar kabur, maka apa sebenarnya sanksi atau hukuman yang mungkin bisa diterapkan kepada tahanan atau pasien rehab yang kabur tersebut?
Bila benar ada tersangka yang kabur, maka ada 2 kondisi yang bisa berlaku:
Pertama, bila ia kabur dari tahanan atau panti rehab dalam tahap penyidikan, maka itu akan dijadikan alasan yang memberatkan si tersangka tersebut bila nantinya ia disidangkan.
Kedua, bila ia kabur dari tahanan/Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dalam konteks menjalani putusan pengadilan maka menurut Pasal 34 KUHP, waktu selama tahanan di luar tempat menjalani pidana, tidak dihitung sebagai waktu menjalani pidana. Selengkapnya Pasal 34 KUHP berbunyi:
“Jika terpidana selama menjalani pidana melarikan diri, maka waktu selama di luar tempat menjalani pidana tidak dihitung sebagai waktu menjalani pidana.”
Juga, Kepala Lapas bisa menjatuhkan hukuman disiplin karena melakukan pelarian (Pasal 20 ayat 1 Huruf b Peraturan Menteri Hukum dan Ham No 33  Tahun 2015 Tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara) kepada terpidana yang kabur tersebut berupa ditempatkannya terpidana di sel tutupan sunyi, sel isolasi, atau di blok hunian khusus.
Selain itu, tindakan terpidana yang kabur dari lapas tersebut bisa dianggap sebagai tindakan yang tidak baik (tidak berkelakuan baik) sehingga berakibat si terpidana tidak akan mendapat atau tertunda mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut atau memerlukan Bantuan/Pendampingan Hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe &Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)
Ardi Bakrie Dikabarkan Kabur dari Panti Rehab, Begini Hukumnya Bila Itu Benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *