Sumber foto: di sini
Sumber foto: di sini
Advokat atau Pengacara perkara perceraian sangat perlu untuk membela hak-hak anda sebagai pencari keadilan. Sebagai orang awam, banyak hal teknis formil persidangan yang tentu tidak dimengerti oleh masyarakat.
Misalnya, seorang isteri digugat cerai oleh suaminya. Namun si isteri tiba-tiba mendapat putusan cerai dari pengadilan tanpa dia pernah tahu kalau dirinya sudah digugat oleh suaminya. Sidangnya pun sudah dilaksanakan tanpa kehadirannya.
Si isteri tidak menghadiri sidang karena tidak tahu dan merasa tidak pernah merasa menerima surat panggilan sidang sehingga dalam kondisi demikian pihak isteri jelas sangat dirugikan.
Atau bisa juga gugatan perceraian tidak dapat diterima oleh hakim hanya karena Anda tidak cermat dan detail dalam menyusun gugatan, atau bisa juga gugatan Anda ditolak karena Anda tidak punya skill bagaimana menyusun dan mempresentasikan alat-alat bukti yang sah dan cukup di depan persidangan, dan masih banyak hal-hal teknis formil lainnya.
Ini masalah teknis formil persidangan tapi dapat sangat berdampak pada hasil atau putusan hakim, karena:
  1. Bila tidak teliti dan cermat menyusun gugatan maka gugatan dinyatakan tidak dapat diterima (kalah), atau;
  2. bila tidak mampu menyediakan, menyusun, dan menjelaskan bukti-bukti yang sah dan cukup di persidangan maka gugatan bisa ditolak (kalah), atau;
  3. bila anda tidak cermat mengecek perkara anda di pengadilan maka bisa saja gugatan perkara anda diperiksa tanpa kehadiran anda. Tahu-tahu perkara sudah diputus oleh hakim tanpa anda pernah datang menghadiri sidang. Tentu apabila hal-hal itu terjadi, maka anda yang dirugikan.
Meski secara materil, dasar hukum anda menguggat dan bukti-bukti anda sudah kuat, tapi hanya karena tidak punya kemampuan teknis persidangan sebagaimana yang sudah diuraikan di atas maka perkara anda bisa dikalahkan.
Atas dasar itu maka peran advokat dan konsultan hukum kasus perceraian (pengacara perceraian) sangat perlu untuk membantu anda dalam perkara perceraian agar gugatan bisa diproses secara baik dan hak-hak anda tidak dilanggar.
Secara garis besar yang akan dilakukan oleh pengacara perceraian untuk membantu anda dalam perkara yang anda hadapi baik di dalam maupun di luar persidangan adalah:
  1. Memastikan bahwa anda mendapatkan panggilan sidang untuk menghadiri persidangan sehingga anda dapat hadir untuk membela serta memperjuangkan hak-hak anda. Dengan kata lain, untuk mencegah agar tidak dijatuhkannya putusan cerai tanpa kehadiran anda atau tanpa anda ketahui;
  1. Membuatkan gugatan, serta dokumen-dokumen hukum lainnya secara detil, cermat, baik dan benar sebagaimana hukum yang berlaku agar gugatan dapat diterima oleh hakim;
  1. Menyusun, menyediakan dan menjelaskan (mempresentasikan) bukti-bukti yang sah dan cukup menurut hukum di depan persidangan guna mendukung dalil-dalil gugatan agar gugatan diterima hakim;
  1. Melakukan segala hal yang baik dan perlu guna membela dan mempertahankan hak-hak Anda, demi kepentingan terbaik Anda.
Sekian semoga bermanfaat. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe & Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)
BACA JUGA: Kenapa Perusahaan Perlu Menggaet Kantor Advokat dan Konsultan Hukum?

Advokat dan Konsultan Hukum Kasus Perceraian, Kenapa Perlu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *