Sumber
Selamat siang, Bapak Advokat dan Konsultan Hukum Boris Tampubolon, S.H. saya ingin bertanya, tolong dijelaskan struktur perjanjian/kontrak yang baik itu seperti apa? Terimakasih. -Ivone, Sulawesi Utara-
Jawaban:
5 Struktur Penting Perjanjian, sebagai berikut:
1.    Judul/Kepala;
2.    Keterangan Identitas dan Kedudukan Para Pihak (komparisi);
3.    Pendahuluan;
4.    Isi Perjanjian;
5.    Penutup Perjanjian.
Sebagai Advokat dan Konsultan Hukum yang sering mengurus perjanjian atau kontrak-kontrak bisnis atau pun perjanjian jual beli dan lain sebagainya, saya ingin bagikan kepada Anda 5 Struktur penting perjanjian yang harus ada di dalam perjanjian yang anda buat.
5 struktur ini minimal harus ada agar perjanjian yang anda buat itu menjadi baik dan lengkap. Ke 5 struktur itu sebagai berikut:
I. Judul/Kepala;
Anda harus membuat judul perjanjiannya. Misalnya bila itu perjanjian jual beli, maka Anda buat judulnya “Perjanjian Jual Beli”;

 

II. Komparisi:
Berisi keterangan identitas ataupun kedudukan para pihak yang akan membuat perjanjian. Seperti nama, alamat, kedudukannya sebagai apa, dan sebagainya.

 

III. Pendahuluan;
Berisi keterangan atau uraian singkat (sebelum masuk ke isi perjanjian) terkait maksud dan tujuan para pihak membuat perjanjian tersebut. Misalnya “para pihak dalam hal ini menjelaskan bahwa telah sepakat untuk melakukan jual beli atas sebidang tanah milik……….yang berlokasi  di……. dan seterusnya.)

 

IV. Isi/Batang Tubuh Perjanjian;
Berisi syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang disetujui oleh para pihak. Umumnya berisi hak dan kewajiban para pihak, harga barang, cara pembayaran, cara penyerahan, keadaan wanprestasi, keadaan force majeur, proses penyelesaian sengketa, serta hal-hal lain yang dianggap perlu dan disepakati oleh para pihak;

 

V. Penutup;
Bagian ini berisi kalimat penutup dari suatu perjanjian dan diakhir dengan pembubuhan tanda tangan oleh para pihak serta saksi-saksi (bila ada) di dalam perjanjian yang disepakati tersebut.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe & Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)
5 Struktur Penting Perjanjian/kontrak Yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat