Tips ini merupakan hasil perenungan, pengalaman pribadi, serta hasil diskusi atau masukan-masukan dari para Advokat-advokat senior yang saya pernah berguru dan saya pernah ajak diskusi.
Advokat-advokat senior tersebut menggunakan tips ini. Saya juga menggunkaan tips ini. dan sekarang saya ingin membagikan tips ini kepada anda semua agar bisa juga anda gunakan untuk keberhasilan karir anda menjadi Advokat.
Berikut keempat tipsnya:
I. Selalu Andalkan Tuhan
Selalu andalkan dan libatkan Tuhan dalam setiap pekerjaan kita. Minta Tuhan agar selalu membantu kita, minta agar Tuhan selalu memberikan kemudahan, kelancaran dan keberhasilan dalam setiap pekerjaan kita. Sebagai manusia kita sangat terbatas. Tapi percayalah dengan pertolongan Tuhan, maka segalanya akan jadi mungkin.
II. Niat Harus Mulia
Tanya ke diri Anda, apa sebenarnya niat anda menjadi advokat? Apa motivasi anda menjadi Advokat? Jika motivasi atau niat anda menjadi advokat untuk mengejar harta atau uang, sebaiknya berhenti saja menjadi advokat. Kalau orang motivasinya duit, maka ia akan menggunakan segala cara untuk demi duit termasuk menipu dan melacurkan profesi.
Menjadi advokat itu susah, butuh konsistensi dan kesabaran (proses). Jadi bila tidak kuat menjadi advokat mending tidak usah. Harus tanamkan niat yang mulia di diri anda kalau menjadi advokat. Niat mulia yang saya maksud adalah niat memang untuk bermanfaat atau membantu masyarakat. Tidak memikirkan uang sebagai tujuan. Dengan begitu anda akan tetap bisa bertahan dalam profesi ini, karena kehadiran anda sebagai advokat benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Soal rejeki itu di tangan Tuhan. Bila anda bekerja dengan benar, jujur, professional, duit yang akan datang sendiri kepada anda. Jadi jangan jadikan uang tujuan. Fokuslah menjadi Advokat yang punya niat mulia, bekerja secara jujur dan professional.
III. Perbanyak Jam Terbang/Pengalaman Praktik
Bila ingin menjadi advokat yang sukses, tidak cukup dengan pengetahuan teori saja, anda juga harus punya jam terbang yang banyak. Artinya punya pengalaman praktek yang banyak. Sehingga buat Anda yang baru lulus sarjana hukum cari lah kantor yang bisa kasi anda ilmu praktek/pengalaman yang banyak. Tidak masalah gajinya kecil dulu. Yang penting ilmu prakteknya anda dapat. Jangan pilih kantor yang cuma bisa kasi anda gaji yang cukup besar tapi tidak bisa memberi anda ilmu. Mending pilih yang bisa kasi anda ilmu praktek. Skill yang tinggi berasal dari jam terbang/pengalaman yang banyak, dan pengalaman yang banyak akan membuat anda mejadi ahli dibidangnya dan akan dihargai tinggi.
IV. Networking
Berbuat baik lah kepada semua orang. Perbanyak teman, perbanyak saudara. Suatu saat mereka bisa saja menjadi klien anda atau mereka bisa memberikan klien kepada anda.

 

Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut atau memerlukan Bantuan/Pendampingan Hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di  Dalimunthe&Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)
4 Tips Menjadi Advokat Yang Sukses Menurut Boris Tampubolon, Sudah Terbukti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *