Bila Anda sedang berperkara di pengadilan, tidak semua hal harus Anda buktikan. Cukup hal-hal yang penting dan relevan saja yang perlu Anda buktikan. Dua hal utama yang harus Anda buktikan agar gugatan Anda dikabulkan adalah, Pertama: peristiwa (factum), Kedua: hak (ius).
Hal tersebut diatur dalam Pasal 163 HIR (Pasal 283 R.bg., Pasal 1865 BW) yang menyatakan:
“Barangsiapa menyatakan mempunyai suatu hak atau menyebutkan suatu peristiwa untuk meneguhkan haknya atau untuk membantah adanya hak orang lain, maka orang itu harus membuktikan adanya hak atau peristiwa itu.”
Pertama soal Peristiwa. Yang dimaksud peristiwa di sini adalah adalah peristiwa hukum. Tidak semua peristiwa itu peristiwa hukum. Peristiwa hukum adalah peristiwa-peristiwa yang menimbulkan hak.
Misalnya dalam soal perjanjian. Peristiwa yang harus Anda buktikan adalah telah diadakan/disepakatinya suatu perjanjian. Sebab dengan adanya perjanjian itu Anda memperoleh hak sebagaimana yang diperjanjikan.
Anda tidak perlu membuktikan bahwa dulunya Anda dan rekan Anda dulunya adalah sahabat karib, pernah satu sekolah, dan pernah satu tongkrongan. Itu tidak relevan. Cukup buktikan bahwa antara Anda dan rekan anda pernah sepakat membuat perjanjian.
Untuk membuktikan adanya perjanjian tersebut, anda harus menjadikan perjanjian tersebut sebagai bukti di persidangan dan/atau  menghadirkan saksi-saksi yang mengetahui adanya perjanjian tersebut.
Kedua, adalah hak. Yaitu suatu kondisi sebagai akibat dari suatu peristiwa hukum tersebut. Misalnya perjanjian jual beli. Anda bertindak sebagai penjual dan rekan Anda sebagai pembeli. Adanya perjanjian itu muncul hak Anda sebagai penjual yaitu menerima pembayaran sejumlah uang dari si pembeli.
Jadi berdasarkan uraian di atas secara hukum agar gugatan anda bisa dikabulkan maka anda harus bisa membuktikan Pertama: peristiwa (factum), Kedua: hak (ius).
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut atau memerlukan Bantuan/Pendampingan Hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di Dalimunthe &Tampubolon Lawyers (silahkan diklik)
2 Hal Yang Harus Dibuktikan Agar Gugatan Anda Dikabulkan Pengadilan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tell us your case, Now!
Konsultasi lebih lanjut atau memerlukan Pendampingan Hukum? Chat Sekarang..