Selamat malam Bapak Boris Tampubolon. Mohon bantuannya. Apakah bisa mengubah gugatan karena nama Tergugat yang tercantum dalam gugatan ada sedikit typo tapi gugatan sudah terlanjur didaftarkan ke pengadilan? Terimakasih
Jawaban
Intisari:
Selama hanya berupa typo di nama Tergugat, maka bisa dibetulkan/diperbaiki dengan cara direnvoi di depan hakim di persidangan.
Tapi kalau sampai harus mengubah isi pokok gugatan maka itu tidak dibenarkan. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 127 Rv yang menyebutkan:
“Penggugat berhak untuk mengubah atau mengurangi tuntutannya sampai saat perkara diputus, tanpa boleh mengubah atau menambah pokok gugatannya.”
Selain itu, juga ditegaskan dalam beberapa Kaidah Hukum dalam beberapa Purusan Mahkamah Agung sebagai berikut:
Putusan Mahkamah Agung No. 209K/Sip/1970, tanggal 6 Maret 1971, menyatakan:
“Perubahan surat gugatan diperbolehkan asalkan tidak bertentangan dengan asas hukum acara perdata yaitu sepanjang tidak bertentangan atau tidak menyimpang dari kejadian materiil yang diuraikan dalam surat gugatan penggugat tersebut.”
Putusan Mahkamah Agung No. 454K/Sip/1970, tanggal 11 Maret 1971, menyatakan:
Perubahan surat gugatan perdata yang isinya tidak melampaui batas-batas materi pokok gugatan dan tidak akan merugikan tergugat dalam pembelaan atas gugatan penggugat tersebut, maka hakim boleh mengabulkan perubahan tersebut.”
Jadi berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkan, selama hanya berupa typo di nama Tergugat, maka bisa dibetulkan/diperbaiki dengan cara direnvoi di depan hakim di persidangan.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan lebih lanjut terkait masalah ini atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi telp/wa kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di  Dalimunthe&Tampubolon Lawyers (silahkan diklik) .
Mengubah Gugatan Jika Salah Nama Tergugat, Apa Boleh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tell us your case, Now!
Konsultasi atau memerlukan Pendampingan Hukum? Chat Sekarang..