Sumber
Selamat siang Pak Boris, aset saya ingin dieksekusi. Kami ingin mengajukan gugatan perlawanan. Apakah bisa gugatan perlawanan menunda eksekusi untuk sementara? Jadi aset kami tidak dieksekusi dulu menunggu putusan perlawanan. Mohon bantuannya, terimakasih. –Antonio, Surabaya-
Jawaban:
Intisari:
Gugatan perlawanan bisa dijadikan alasan untuk menunda eksekusi sementara.
Berdasarkan Pedoman Eksekusi Pada Pengadilan Negeri, Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2019 (hal. 17) , Poin 22 angka 3, huruf a menyatakan:
“Penangguhan eksekusi bersifat sementara terbatas untuk jangka waktu tertentu atau persyaratan tertentu, misalnya penangguhan dengan alasan adanya perlawanan pihak atau pihak ketiga, maka jangka waktunya sampai perkara perlawanan diputus di tingkat pertama. Jika perkara perlawanan ditolak, maka eksekusi dilanjutkan. Namun apabila perlawanan dikabulkan, maka harus menunggu sampai keputusan berkekuatan hukum tetap.”
Jadi berdasarkan uraian di atas, upaya mengajukan perlawanan ke pengadilan bisa dijadikan alasan untuk menunda eksekusi sementara.
Bila masih ada yang ingin ditanyakan/dikonsultasikan terkait persoalan ini dan/atau memerlukan bantuan hukum silahkan hubungi kami di 0812 8426 0882 atau email boristam@outlook.com atau datang ke kantor kami di  Dalimunthe&Tampubolon Lawyers (silahkan diklik) 

 

Bisakah Gugatan Perlawanan Menunda Eksekusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tell us your case, Now!
Konsultasi lebih lanjut atau memerlukan Pendampingan Hukum? Chat Sekarang..